Tips Agar Tagihan Bayar PDAM Tidak Membengkak

Kebutuhan air memang sangat penting sebagai penunjang semua kegiatan sehari-hari. Ketika seseorang memanfaatkan fasilitas PDAM maka setiap bulannya harus membayar tagihan sesuai dengan pemakaiannya. Maka dari itu hingga sekarang persediaan air bersih memang jadi satu kebutuhan penting sehingga dari proses pembayarannya harus diperhitungkan secara detail. Konsep penting dalam proses bayar PDAM kini bisa menggunakan sistem online ataupun offline. Akan tetapi ada hal penting lainnya yang wajib diperhitungkan oleh pengguna PDAM.


Tarif PDAM setiap bulannya tergantung dari pemakaian harian sehingga besar kecilnya tagihan bisa diatur. Sayangnya tak banyak yang mengetahui akan cara menghemat pembayaran tagihan PDAM sehingga masih saja biaya bulananya cukup besar.



Tips Agar Tagihan Bayar PDAM Tidak Membengkak

Besaran tagihan pembayaran PDAM setiap bulannya memang dipengaruhi oleh seberapa banyak kita memakainya. Oleh sebab itu sebelum bayar PDAM online ataupun offline setidaknya Anda sudah mengetahui beberapa tips agar tidak mendapat tagihan bulanan yang sangat besar ataupun terbilang mahal. Langsung saja kita ulas seperti apa tips dalam membayar tagihan PDAM agar tidak membengkak.
  • Mengganti Kran Rusak
Pada tips pertama cobalah cek kondisi kran air di rumah Anda apakah terdapat masalah seperti kerusakan ataupun kondisinya sudah terlalu tua. Jika terdapat kebocoran kecil sebaiknya langsung diperbaiki jangan sampai memberi dampak besar terhadap perputaran angka Water Meter. Biasanya dari kebocoran kecil tersebut akan berdampak terhadap akumulasi perhitungan biaya bulanan sehingga akan menambah jumlah tagihan pemakaian sehingga Anda dianggap membuang air sia-sia untuk hal tak berguna.
  • Hindari Penggunaan Air Untuk Hal Tak Penting
Selanjutnya perhatikan dari sisi penggunaan air yang mana sebisa mungkin hindari penggunaan tidak penting seperti mencuci mobil ataupun motor, mengisi kolam, hingga menyiram taman. Dari ketiga aktivitas tersebut membutuhkan air cukup besar bahkan menjadi penyebab terbesar meningkatnya tagihan rekening. Rata-rata penggunaan air kurang efektif sering terjadi pada kondisi ekonomi menengah ke atas sehingga Anda harus berhemat dalam memakai air.
  • Hindari Mencuci Pakaian Langsung Dari Kran
Tagihan membengkak dalam proses bayar PDAM bisa disebabkan oleh kebiasaan mencuci pakaian langsung dari kran. Cara satu ini memang membuat air terbuang cukup banya, sehingga Anda harus menggunakan cara lain seperti memanfaatkan ember untuk membilas sehingga air yang digunakan lebih sedikit.
  • Perhatikan Fungsi Meter Air
Fungsi dari meter air sangatlah penting untuk memberikan informasi seputar penggunaan air selama satu bulan penuh. Ada beberapa kondisi dimana meter air tidak boleh mengalami satu kondisi yakni terendam air, berada di dalam rumah, tertimbun barang, hingga lokasinya yang sulit dijangkau sehingga petugas pencatat meter air tidak dapat menjangkaunya. Bila dari kondisi tersebut sudah terjadi biasanya pihak PDAM akan memakai sistem pemakaian air rata-rata dalam jangka waktu tiga bulan terakhir.
  • Bayarlah Tagihan Tepat Waktu
Membayar tagihan PDAM tepat waktu juga menjadi satu syarat utama agar besarnya tagihan bulanan tidak membengkak. Oleh sebab itu dari denda keterlambatan sebesar 10% ditambah lagi saat Anda telat membayar selama 3 bulan maka akan dikenakan denda pembukuan.

Maka dari itu dalam proses bayar PDAM sebisa mungkin Anda harus melihat seperti apa proses pembayarannya ditambah lagi seperti apa cara-cara membayar dengan sistem online ataupun offline. Sampai sekarang masih banyak pelanggan PDAM mengeluhkan soal besarnya tagihan bulanan yang mana bisa disebabkan oleh beberapa fakto seperti di atas.

0 komentar