Blogging: Ekspektasi vs Realita

Sumber gambar: Facetofeet
Keterangan: Seorang wanita cantik menatap laptop

Istana Review - Daripada nyinyir pada pemerintah, blogging alias ngeblog adalah salah satu kegiatan positif bagi kaum netizen. Positif karena membagikan tulisan bermanfaat di blog yang pasti dibutuhkan oleh orang-orang.

Misalnya Istana Review menerbitkan artikel berjudul "Cara Mengganti dan Mengedit Template di Blogspot lewat HP Android" pada 20 Maret 2020.

Tentu tulisan tadi bermanfaat bagi kaum blogger yang ingin memperindah blog mereka dengan mengganti dan mengedit template untuk blog lewat smartphone.

Ya, blogging adalah sebuah cara instan untuk membagikan karya tulis kita ke internet dan siapapun bisa membacanya.

FYI, sekitar 10-15 tahun yang lalu, orang-orang memiliki blog sebagi wadah curhat sekaligus tempat menyimpan artikel atau makalah berdasarkan laporan dari penelitian dan rangkuman dari sumber-sumber referensi seperti dari Wikipedia dan buku bacaan yang ditugaskan dari guru atau dosen.

Pada masa SMA kelas XII, alasan saya punya blog juga karena ingin menyimpan rangkuman saya dari berbagai sumber untuk memenuhi tugas dari guru biologi dan fisika daripada menyimpannya di flashdisk yang sering terkena virus menyebalkan 😁

Sekarang, blog tidak sekadar diary online tapi dibuat dan dikelola oleh kaum blogger untuk menjadi media online walau tidak sehebat Republika, Kompas, Liputan6, Radar Cirebon, Detik, Suara, Sayangi, Kumparan, Hipwee atau media massa lainnya.

Ada banyak alasan mengapa orang-orang mau menjadi blogger atau penulis blog. Seringkali alasan mereka berdasarkan ekspektasi mereka.

Ekspektasi apa? Akankah realita seindah harapan kaum blogger seperti saya? 🤔🤔

1. Banyak Pengunjung

Blog itu diibaratkan seperti perpustakaan dan artikel yang terbit bagai buku yang tersusun rapi berdasarkan kategori atau jenisnya.

Agar banyak pengunjung, tentu penampilan blog harus ramah mata alias enak dilihat, tulisan yang rapi dan mudah dipahami. Juga, blog yang ringan dan cepat saat diakses.

Tentu sebagai blogger, kita ingin sekali blog kita ramai pengunjung. Sebelum menulis artikel dan menerbitkannya di blog, kita tentu membidik keyword apa yang cocok dan banyak diburu para pengguna internet dengan persaingan yang kecil.

Google Trends, Keyword Google Planner, atau tool hebat lainnya pasti digunakan oleh kaum blogger.

Betapa bahagianya jika dapat keyword yang bagus sesuai niche dan artikel yang terbit dibaca lebih dari 1000 kali.

Bayangkan bagaimana rasanya tulisan yang kita buat dengan pikiran, hati, tenaga, waktu dan cinta tanpa menjiplak, disukai dan dibagikan hingga viral?!

Kita pasti semangat menulis tiap hari dan bila perlu, kita cantumkan blogger sebagai pekerjaan resmi di kartu tanda pengenal kita?! 😁

FYI, Sejak 6 Mei 2020, Google telah memperbarui algoritmanya sehingga posisi blog dan situs yang sama belum tentu menguasai halaman pertama lagi.

Keterangan: Blog sepi pengunjung bagai tanpa kabar dari cewek yang kucintai

Ekspektasi memang selalu lebih indah dari kenyataan. Tulisan bagus dan blog keren, tapi masih sepi pengunjung? Kita sama 😁😁

2. Terkenal

Tidak perlu menjadi artis agar bisa terkenal. Menjadi blogger juga bisa membuat kita terkenal. Apa perlu saya sebutkan daftar blogger terkenal? Daftar blog paling keren? Saya pikir kamu juga tahu siapa mereka dan blog mereka.

Terkenal yang saya maksud adalah blog yang kamu urus disukai dan menjadi referensi para pengunjung lain karena blog kamu termasuk situs yang memecahkan masalah mereka.

Sumber gambar: Cosmopolitan.co.za
Keterangan: Heather B. Armstrong, pemilik Dooce.com


FYI, Heather B. Armstrong adalah seorang blogger wanita yang sukses dan masuk ke daftar wanita berpengaruh menurut Forbes karena dia adalah penulis inspiratif.

Misalnya, Sora Template, Templateify, dan Btemplate terkenal karena mereka termasuk produsen template keren yang berguna untuk blog dengan beragam niche.

Kenyataannya, jangankan terkenal, blog dapat 100 pengunjung sehari bagi saya saja sudah alhamdulillah kok 😁

3. Banyak Komentar Positif

Komentar positif adalah komentar yang diberikan para pengunjung sesuai artikel yang mereka baca.

Misalnya, mereka membaca artikel berjudul "Kronologi Singkat Perang Dunia II". Ya tentu si penulis berharap tulisannya mendapat komentar bagus.

Kamu tahu? Komentar bagus yang kamu beri pada artikel yang kamu baca merupakan cara kamu menghargai tulisannya.

Tapi seringkali banyak komentar buruk pada artikel bukan karena artikel yang terbit itu mengajak permusuhan atau menyebarkan fitnah.

Komentar buruk yang saya maksud adalah bukan hanya komentar berupa caci maki atau sumpah serapah tapi juga komentar yang berisi link porno dan judi.

Keterangan: Komentar sampah harus dihapus

Saya selalu menghapus komentar spam tiap hari di blog ini. Nah bagi kamu yang tidak mau ada komentar spam, kamu bisa menutup kolom komentar di blog kamu atau kamu moderasi aturan berkomentar.

4. Bisa Menguasai Halaman Pertama

Kebanyakan pengguna internet membaca tulisan di situs karena tulisan yang muncul sesuai kata kunci yang mereka ketik di mesin pencarian.

Halaman pertama pasti dilihat dan diperhatikan oleh mereka hingga baris terakhir.

Jika sesuai dengan yang mereka cari, mereka klik dan baca tulisannya.

Keterangan: Artikel muncul di halaman pertama membuat admin Istana Review senang

Agar tulisan mereka muncul di halaman pertama, para penulis online pasti memakai keyword.

Meski memakai keyword bagus yang minim persaingan, belum tentu artikel kita muncul di halaman pertama.

Seringkali justru halaman pertama dikuasai oleh puluhan situs berita. Situs berita yang paling dibenci blogger Indonesia adalah Tribunnews. Kamu tahu mengapa?

Walau tulisan muncul di halaman pertama berdasarkan keyword bagus pun, seringkali pengunjung enggan klik dan membacanya. Mengapa? 🤔

5. Pemasukan Besar dan Lancar

Menurut blogger senior, pemasukan adalah bonus dan anugrah terindah atas kerja keras penulis online.

Blog bisa menghasilkan uang tidak sekadar dari iklan, tapi juga dari referal, afiliasi, dropshipping, dan berjualan.

Mendapatkan penghasilan dari blogging bisa menaikkan semangat kaum blogger untuk terus berjuang, mengurus dan memperbarui blog mereka dengan tulisan bermutu dan tidak plagiat.

Di beberapa grup blogger di Whatsapp dan Facebook, sebagian blogger sedih karena penghasilan mereka sedikit dari biasanya akibat Covid-19 yang membunuh banyak orang di seluruh bumi.

Sumber gambar: Pinterest
Keterangan: Mr. Crab menghitung uang

Penghasilan dari blog merupakan sebuah  harapan besar bagi kaum blogger seperti saya agar kebutuhan sehari-hari terpenuhi apalagi banyak perusahaan yang terpaksa meliburkan karyawan mereka.

Menurut kamu, ekspektasi apa yang membuat kamu ngeblog? 🤔

Baca juga:

👉 Hal yang Tidak Enak Memakai TLD untuk Blogspot

👉 Punya Toko Buku Online? Pakai Template Ini Saja

👉 Template Cantik untuk Blogger Cewek

👉 Daftar Situs Populer di Indonesia

👉 Berani Pukul Pocong? Mainkan Game Ini

👉 Lomba Blog Kopi Jujur, Mau Ikut?

👉 Daftar Situs dengan Backlink Terbanyak

👉 Review tentang Cartoon Pictures

👉 Cara Cepat Download Video dari HP Android

👉 Masa Berlaku Domain 20 Situs Berita di Indonesia

0 komentar