Daftar Aplikasi Android Paling Populer di Dunia

Sumber gambar: Trendblog.net
Keterangan: Logo android



Istana Review - Aplikasi Android adalah suatu perangkat lunak yang beroperasi pada sistem android dan digunakan oleh para pengguna android. Ada lebih dari 3 juta aplikasi android di Google Play Store dengan lebih dari 2 miliar pengguna aktif per bulan. Sejak dikelola oleh si raksasa Google, android menjadi sistem operasi terbesar di ponsel dan tablet.

Di Google Play Store, 3 juta lebih aplikasi android beredar dan puluhan aplikasi dinyatakan berbahaya sehingga dihapus oleh Google. Dari jutaan aplikasi yang sudah hadir, berikut daftar aplikasi android paling terkenal karena diinstal lebih dari lima miliar berdasarkan laporan dari organisasi Android Rank dan kebanyakan aplikasi yang dimiliki oleh Google yang terkenal.



Sumber gambar: Screenshot dari Android Rank
Keterangan: Daftar aplikasi android yang digunakan oleh lebih dari lima miliar orang



1. Google Play Service

Aplikasi ini berguna untuk membantu pengguna aplikasi android seperti kamu agar kamu bisa menggunakan aplikasi terbaru. Sejak 2 November 2017, aplikasi buatan Google ini menjadi aplikasi paling banyak penggunanya karena aplikasi ini pasti terinstal di semua HP android.

2. Youtube

Youtube adalah platform berbagi video terbesar di internet sejak diakuisisi oleh Google. Ini adalah aplikasi menonton video paling terkenal karena lebih lengkap, bebas dan gratis dibanding TV yang memiliki program monoton. 

Tidak terhitung berapa banyak Youtubers yang terkenal dan kaya karena konten video mereka yang ditonton jutaan kali. Di Google Play, Youtube dirilis pada 20 Oktober 2010 dan diperbarui terakhir pada 25 Juni 2020.

3. Google Map

Ini adalah aplikasi yang paling banyak penggunanya untuk mengetahui lokasi yang diinginkan pengguna. Aplikasi yang dirilis resmi pada 8 Februari 2005 ini menjadi kompas bagi kamu yang ingin pergi ke suatu tempat agar tidak tersesat.

Sayangnya, aplikasi Google Map tidak bisa mengetahui lokasi siapa yang akan menjadi jodoh kamu saat kamu jomblo.

4. Google

Mesin pencarian raksasa ini selalu digunakan oleh miliaran orang di bumi karena Google selalu menampilkan apa yang dicari para penggunanya berdasarkan kata kunci yang diketik.

Google membedakan pencarian berdasarkan gambar, video, map, belanja, buku, berita dan penerbangan. Tapi pengguna cukup klik "semua" agar Google menampilkan semuanya. Di Google Play Store, Google dirilis pada 12 Agustus 2010 dan diperbarui terakhir pada 9 Juli 2020.

5. Google Text to Speech

Dirilis di Google Play Store pada 10 Oktober 2013 dan diperbarui terakhir pada  15 Juni 20120, aplikasi ini sudah diinstal lebih dari lima miliar kali. Aplikasi Google berguna untuk membacakan teks di layar agar pengguna bisa mengucapkan suatu kata dan kalimat dalan bahasa tertentu khususnya bahasa yang sulit diucapkan oleh orang Indonesia.

6. Gmail

Gmail atau Google Mail adalah aplikasi berkirim surat elektronik yang digunakan oleh siapapun yang ingin menggunakan produk Google seperti Youtube, Blogspot, dan Google Play Store.

Awalnya, peluncuran Gmail pada 1 April 2004 dianggap sebagai lelucun dan hoaks karena 1 April dianggap sebagai hari lelucon bagi masyarakat Barat.

7. Google Chrome

Inilah browser favorit Google yang menggeser posisi Mozila Firefox dan Safari. 7 Februari 2012 merupakan tanggal peluncuran Chrome di Google Play Store. Google Safe Browsing adalah fitur yang mengamankan pengguna yang ingin mengakses suatu halaman web.

8. Facebook

Dibangun sejak Februari 2004, Facebook menjadi media sosial terbesar dan gratis yang menghubungkan miliaran orang untuk berinteraksi tanpa batas geografi.

Di Google Play Store, aplikasi ini mendapat  lebih dari 100 juta ulasan dan selain Google, Facebook pernah menjadi pusat penyebaran hoaks tentang Libya, Mesir, Yaman, Irak dan Suriah.

9. Google Play Music

Siapa yang tidak suka musik? 15 Mei 2017, Google Play Music dirilis dan 5 miliar lebih penggunanya di seluruh bumi. Kamu bisa mendengarkan lagu yang kamu simpan di HP dengan aplikasi ini.

10. Google Accebility Suite

Ini adalah salah satu aplikasi yang sangat penting bagi pengguna smartphone karena aplikasi ini membantu penggunaan HP android lebih mudah. Jika pengguna uninstal aplikasi ini, HP android sangat susah dijalankan karena berkaitan dengan volume suara, layar sentuh, dan pembacaan teks di layar.

11. Google Drive

Ini adalah media penyimpanan raksasa yang dikelola oleh Google. Kamu bisa menyimpan file kamu seperti foto, dan video ke Google Drive. 27 April 2017, Google Drive dirilis di Google Play Store.

1 Januari 2020, Google Drive dimiliki oleh 5 miliar pengguna karena pengguna bisa menggunakannya di smartphone, tablet, dan komputer.

12. Whatsapp

Ini adalah aplikasi chatting paling banyak penggunanya karema mudah dan gratis. Kamu bisa chatting dengan siapapun dengan beragam media seperti gambar, foto, stiker, video, lagu, dokumen, suara, dan teks.

Dikabarkan bahwa pengguna Whatsapp bisa chatting dengan pengguna Facebook karena kedua aplikasi komunikasi raksasa ini dimiliki oleh orang yang sama.

Whatsapp merupakan media komunikasi yang bisa kamu gunakan untuk berkomunikasi bahkan promosi blog, produk dan jasa kamu.

Whatsapp juga bisa membuat kamu memperjuangkan cinta ke seseorang. Tapi mungkin kamu harus melepaskan orang yang kamu cinta karena dia memilih orang lain daripada kamu. Sedih? Sama 😂

13. Google Plays Movies and TV

29 Juli 2015, aplikasi ini diluncurkan di Google Play Store dan lebih dari lima miliar orang menggunakannya sejak 14 Juni 2020. Aplikasi Google ini bisa disebut sebagai bioskop versi android karena kamu harus menggunakan sejumlah uang untuk menonton film yang ditawarkan di Google Play Store.

Rp. 19 ribu adalah harga termurah untuk menyewa film seperti Venom, Peter Rabbit, dan Spiderman. Tapi harga membeli film di aplikasi ini bisa lebih mahal daripada menonton film baru di bioskop. Untuk film Sonic the Hedgehog saja, harganya Rp. 300 ribu.

14. Google Plus (Currents)

28 Juni 2011, produk komunikasi Google ini dirilis ke publik untuk menyaingi Facebook dan Twitter. Tapi produk ini dianggap kurang menarik di Indonesia karena jutaan orang Indonesia lebih suka menggunakan Facebook dan Twitter yang ramai dengan warna biru. Ya biru adalah warna website yang disukai orang Indonesia.

Walau layanan Google+ dihentikan pada April 2019 lalu, tapi Google mengganti namanya menjadi Currents yang digunakan oleh lebih dari 100 juta orang pelanggan G Suite.

Aplikasi android diunduh hingga miliaran kali kali karena gratis, ramah pengguna, bermanfaat dan memudahkan aktivitas orang-orang. Wajar jika miliaran orang mengunduh belasan aplikasi android tercanggih ini.




Baca juga:










0 komentar