Optimalkan Penggunaan Masker Fullprint dengan 5 Cara Ini

Seperti yang sudah diketahui virus corona dapat menular melalui air liur yang dikeluarkan penderita. Demi mengurangi risiko penularan Anda disarankan untuk menggunakan masker, terutama ketika sedang sakit dan beraktivitas di luar rumah. Agar fungsinya lebih optimal, berikut beberapa cara penggunaan print masker untuk mengurangi risiko penyebaran virus.

1.   Pilih Ukuran Masker yang Pas dan Sesuai

 

Hal paling utama yang perlu Anda perhatikan adalah ukurannya. Pastikan selalu gunakan masker dengan ukuran yang pas dan sesuai dengan bentuk wajah. Jangan terlalu ketat dan jangan terlalu longgar agar Anda tetap merasa nyaman saat menggunakannya. Selain itu, pastikan masker yang digunakan mampu menutupi mulut, hidung, dan dagu dengan sempurna.

 

2.   Cuci Tangan Terlebih Dahulu Sebelum Menggunakan Masker

 

Sebelum menggunakan masker, pastikan Anda mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun terlebih dahulu. Selain itu Anda juga bisa menggunakan hand sanitizer. Jika tangan Anda sudah bersih, gunakan masker dengan cara menyelipkan tali ke bagian telinga atau ikat tali ke bagian belakang kepala. Jangan terlalu erat ataupun terlalu longgar agar tetap nyaman saat digunakan.

 

3.   Hindari Menyentuh Derah Masker

 

Sama halnya menggunakan masker bedah, saat menggunakan masker kain sebaiknya hindari menyentuh bagian masker saat digunakan. Jika ingin memperbaiki posisinya pastikan cuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuhnya. Hal ini bertujuan untuk menghindari perpindahan kuman atau bakteri dari tangan ke masker yang sedang digunakan.

 

4.   Cara Melepas Masker Setelah Digunakan

 

Tak hanya cara menggunakannya, penting juga untuk mengetahui cara melepas masker kain dengan benar. Setelah digunakan, lepas masker kain dengan cara membuka tali pengikat di bagian kepala. setelah itu cuci segera masker yang sudah digunakan dengan air panas dan detergen. Usahakan untuk segera mencucinya setelah digunakan ya.

 

5.   Ganti Masker Secara Berkala

 

Selian beberapa hal di atas, tips yang terakhir adalah ganti masker secara berkala Jika masker kain yang Anda gunakan sudah robek, rusak, atau terlalu lama digunakan pastikan untuk segera menggantinya dengan yang baru. Meski bisa dicuci dan digunakan lagi namun masker kain yang sudah digunakan terlalu maka juga wajib untuk diganti.

 

Kapan saatnya? Ketika karetnya sudah mengendur, kain terasa usang dan menipis, hingga ada bagian pada masker kain yang robek. Berapa lama waktu penggantian masker kain sendiri bergantung pada seberapa lama atau seberapa sering Anda mencucinya. Selain itu lama penggantian masker juga bisa bergantung pada seberapa kuat bahan tersebut. 

Jadi sekarang Anda sudah tahu bukan bagaimana cara mengoptimalkan penggunaan masker kain? Selian rutin menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan penting juga untuk selalu menjaga daya tahan tubuh. Anda juga bisa tetap tampil fashionable selama pandemi virus corona dengan masker fullprint dari custom.co.id. 

0 komentar