Inilah Langkah-langkah untuk Mendapatkan Visa Schengen

Hendak traveling ke Eropa? Apakah kamu sudah mengetahui persyaratan yang sangat penting untuk dipenuhi? Ya, salah satu persyaratan yang harus kamu miliki jika ingin menginjakkan kaki ke Eropa adalah Visa Schengen. Visa Schengen itu sendiri visa yang bisa kamu gunakan buat menjelajahi 26 negara Eropa yang terikat dalam Perjanjian Schengen. Perjanjian Schengen ini mengatur tentang kebebasan masuk jangka pendek antar negara Schengen. Visa ini sama pentingnya dengan Asuransi perjalanan terbaik yang harus diurus menjelang keberangkatan kamu ke Eropa. Nah, berikut ini adalah langkah-langkah untuk mendapatkannya.

Asuransi perjalanan terbaik

1.    Menentukan itinerary perjalanan selama di Eropa

Pada dasarnya, mengetahui rencana perjalanan sangat penting buat menentukan ke kedutaan negara mana Visa Schengen kamu akan diajukan. Nah, untuk mengurus visa Schengen, kamu hanya perlu menentukan satu negara yang akan menerbitkan visamu. Kalau tidak tahu itinerary alias rangkaian perjalananmu selama di Eropa nanti, kamu pasti bakal bingung mau mengajukan visa ke kedutaan negara mana, kan?

2.    Syarat Visa Schengen yang harus dilengkapi

Saat kamu datang ke kedutaan untuk mengajukan permintaan Visa Schengen, jangan lup auntuk memenuhi berkas-berkas persyaratan dan membawanya ke sana. Berikut ini adalah syarat-syaratnya:

-       Paspor

-       Foto diri

-       Formulir Visa Schengen

-       Lembar pernyataan & jadwal perjalanan

-       Bukti pemesanan tiket pesawat

-       Bukti pemesanan akomodasi hotel

-       Biaya Visa Schengen

-       Polis asuransi

-       Dokumen pembiayaan perjalanan

-       Bukti penghasilan

-       Bukti aset

3.    Menyerahkan berkas permohonan visa

jika kamu tidak ingin datang langsung ke kedutaan negara tempat memohon penerbitan Visa Schengen, kamu dapat mengirimkan berkas syarat membuat Visa Schengen kamu ke kantor VPS Global, yaitu perusahaan komersial yang memiliki kewenangan untuk memberikan info mengenai persyaratan dan pengurusan visa Schengen.

4.    Melakukan interview

Selanjutnya, kamu hanya perlu menunggu kapan pihak kedutaan membuat janji interview sebagai langkah selanjutnya untuk memproses permohonan visamu. jika kamu melakukan pengiriman berkas secara online, janji interview juga akan dilakukan secara online.

5.    Menunggu Visa Schengen jadi

Setelah melewati 4 tahap yang sudah dijelaskan sebelumnya, yang tinggal kamu lakukan hanyalah menunggu kapan Visa Schengen kamu disetujui dan jadi. Jika kamu beruntung, kamu akan mendapatkan informasi penolakan atau penerimaan Visa Schengen kamu di hari yang sama dengan hari pengajuan. Namun, kalau pun harus menunggu, selambat-lambatnya 14 hari setelah tanggal pengajuan.

Tidak terlalu sulit, bukan? Semoga bermanfaat!